Membantah Pendapat Wali Nanggroe
Apabila anak Aceh menguasai 10 bahasa di dunia, mungkin ia akan menjadi duta besar saat dewasa. Tapi menguasai 10 bahasa etnis Aceh, mereka mau jadi apa kira-kira ya?
SIGO SAHO
APA KAOY
Hai, Dolah. Bek tahe lam sagoe nyan, kaboh kupi keu kamoe beu bagah bacut.
DOLAH
Siap! Segera saya laksanakan!
POLEM:
Jeut Tajak Ho Nyang Galak Droe.
Jeut Tawoe Ho-Ho Nyang Hawa.
Ta Seumike Nyan Pih Jeuet Sigo Saho.
Nyang Peunteng Budaya Beu Ta Jaga.
APA KAOY:
Nyan syair lon, Polem. Pat neu teumee?
POLEM:
Tau saya ini syair Apa Kaoy. Lam pesbuk lon teumee. Seungaja saya baca di depan Apa Kaoy kareuna saya ingin tau maknanya seucara langsong bak droe neuh.
WALI NANGGROE & BAHASA ACEH
APA KAOY:
Nyan mantong pih han ek neu peu phom i dron neuh.
Jeuet tajak ho nyang galak droe, artinya boleh kemana saja kita pergi.
Jeuet tawoe ho-ho nyang hawa, artinya boleh kita pulang (menetap) di mana saja.
Ta seumike nyan pih jeuet sigo saho, artinya boleh kita berpikir seucara barat maupun timur.
Nyang peunteng budaya droe beu tajaga, artinya nyang peunteng budaya sendiri harus kita jaga (puga).
POLEM:
Ohoo, meunan? Meuphom saya kalau begitu.
Baru saja, kemarin, berlangsung Kongres Peradaban Aceh nyang geubuka uleh Wali Nanggroe deungon tujuan salah satunya untuk memperkuat kembali bahasa-bahasa nyang ada di Aceh.
Meunurot beliau dalam pidato pembukaannya, ada 13 bahasa lokal nyang sudah ditemukan di Aceh dan harus diseulamatkan deungon meulahirkan buku kamus dan bahkan harus masuk kurikulum sekolah.
APA KAOY:
Beutoi, Polem. Pat neu teupue, na neujak i droen neuh bak acara Kongres Peradaban Aceh nyan baroe?
MEMANGNYA KENAPA?
POLEM:
Saya memang tak pergi ke sana. Tapi saya mengikuti dan menonton meulalui beurita-beurita di surat haba. Bahkan tadi malam saya membaca status pesbuk seseorang nyang isinya sangat berlawanan deungon tujuan kongres tersebut.
APA KAOY:
Pue i peugah bak status pesbuk ureung nyan?
POLEM:
Kalau kita lihat dari profil pesbuk tersebut, orang nyang berpendidikan tinggi dan punya kedudukan peunteng dalam Pomeurintahan, maka meunurot saya, statusnya tersebut sangat lucu. Begini dia bilang:
“Kongres Peradaban itu sungguh menarik. Tapi ide memasukkan semua bahasa di Aceh, (Bahasa Aceh, Gayo, Alas, Tamieng, Aneuk Jame, Kluet, Singkil, Pakpak, Polopan, Haloban, Simeulu, plus Bahasa Indonesia) ke kurikulum sekolah perlu pertimbangan lebih matang.
“Konsekuensinya, selain anak sekolah harus tukar tas ransel-nya dengan goni – agar semua buku bahasa dan buku lainnya cukup tempat – mereka dipaksa menguasai 10 bahasa plus bahasa ibunya dan bahasa Indonesia.”
“Apabila anak Aceh menguasai 10 bahasa di dunia, mungkin ia akan menjadi duta besar saat dewasa, tapi menguasai 10 bahasa etnis Aceh mereka mau jadi apa kira-kira, ya?”
“Juga menarik, kongres ini akan melacak jejak kejayaan Aceh masa lalu, pada saat orang lain sedang melacak sumber energi alternatif yang dapat menunjang kehidupan di masa depan. Aceh selalu menarik-narik, ya?”
KACANG, KULIT & DUIT
I dron neuh Polem jangan begitu donk. Jangan mentang-mentang sudah terbiasa deungon bahasa lainnya bahkan mungken bahasa aseng meulupakan pula bahasa Ibu. Janganlah engkau ini seperti kacang lupa kulitnya, seperti garam lupa asinnya atawa seuperti cangguek lupa akan kepompongnya.
Harosnya Polem bersyukur. Karena ada diantara orang-orang Aceh nyang berinisiatif meulaksanakan kongres tersebut.
POLEM:
Nyan ka neu kheun keu lon i droen neuh Apa Kaoy. Padahal jeulas bukan saya nyang berkata begitu. Saya hanya memperdengarkan status pesbuk seseorang.
APA KAOY:
Maaf, Polem. Saya terlalu esmosi tadi menanggapi itu.
POLEM:
Sudahlah, tak masalah.
Teutapi mengapa ada terjadi pro – kontra terhadap acara itu? Memangnya acara Kongres Peradaban Aceh itu siapa nyang buat dan dari mana sumber dananya?
APA KAOY:
Sudah saya bilang tadi, itu adalah inisiatif beberapa orang tokoh Aceh di Jawakarta. Untuk meulaksana acara itu mareka saleng meuripee peng, tak ada sedikitpun terpakai dana Pomeurintah.